Pengertian Penawaran dan Permintaan

 

Pengertian Penawaran dan Permintaan

Pengertian Penawaran dan Permintaan - Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, yang saling memiliki ketergantungan antara yang satu dengan yang lainnya. Manusia saling bergantung agar dapat bertahan hidup dan memenuhi kebutuhannya.

Setiap manusia pasti akan membutuhkan produk yang tidak dapat ia hasilkan namun dapat dihasilkan oleh orang lain baik hal tersebut berupa barang ataupun jasa sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sebagai contoh misalkan saja, kita membeli beras, gula, kopi dan lain sebagainya karena kita tidak mampu membuatnya.

Manusia akan selalu berusaha memenuhi barang dan jasa yang diproduksi orang lai sesuai dengan tingkat kebutuhan dan kemampuannya. Dalam memenuhi kebutuhan tersebut erat kaitannya dengan permintaan dan penawaran. Berikut pengertian permintaan dan penawaran:

 

Pengertian Penawaran

Penawaran merupakan sejumlah barang maupun jasa yang ditawarkan dengan harga tertentu dan dalam waktu tertentu, hal ini merupakan upaya yang dilakukan produsen dalam rangka memenuhi kebutuhan konsumen, pihak produsen akan menyediakan berbagai jenis barang dan jasa yang dapat dipilih konsumen untuk memenuhi kebutuhannya.

Barang dan jasa yang merupakan hasil produksi ini kemudian ditawarkan dan dijual kepada konsumen dengan tingkat harga tertentu. permintaan masyarakat erat kaitannya dengan pembelian dan pemakaian sedangkan penawaran masyarakat serta kaitannya dengan penyediaan dan penjualan.

Jadi pada intinya penawaran adalah sejumlah barang maupun jasa yang disediakan oleh produsen (kuantitas barang dan jasa) untuk dijual kepada masyarakat pada  tingkat harga dan situasi tertentu.

 

Pengertian Permintaan

Permintaan merupakan sejumlah barang maupun jasa yang diminta atau yang akan dibeli oleh masyarakat atau konsumen dengan harga tertentu dan dalam waktu tertentu. Jadi permintaan adalah keinginan untuk memenuhi kebutuhan yang disertai dengan daya beli.

Masyarakat atau konsumen membeli barang maupun jasa yang ditawarkan oleh produsen sebagai upaya untuk memenuhi keperluannya. Keadaan ini mempengaruhi tingkat harga suatu barang atau jasa. Berbagai tingkat harga yang beredar di pasaran pada akhirnya mempengaruhi kualitas dari barang maupun jasa yang ditawarkan.

Barang, jasa, harga dan kondisi merupakan unsur-unsur yang mempengaruhi sebuah permintaan. Jadi kesimpulannya permintaan merupakan jumlah barang maupun jasa yang akan dibeli pada situasi tertentu pada tingkat harga tertentu.

 

Adapun faktor–faktor yang mempengaruhi penawaran dan permintaan diantaranya yaitu:

Faktor faktor yang mempengaruhi permintaan

·         Tingkat pendapatan

·         Selera konsumen

·         Fluktuasi

·         Harga barang atau jasa tersebut

·         Harga barang subsitusi

·         Harga barang komplementer

·         Faktor luar seperti hubungan sosial, harapan, maupun politik

Besaran permintaan tergantung dari tinggi rendahnya harga yang ditawarkan.

 

Faktor faktor yang mempengaruhi Penawaran

·         Biaya dari proses produksi serta teknologi yang digunakan dalam produksi

·         Tujuan dari perusahaan, apakah ingin mencari keuntungan yang banyak atau tidak

·         Pajak yang dibebankan kepada perusahaan oleh negara

·         Perkiraan harga di masa yang akan datang.

 

Itulah beberapa penjelasan mengenai pengertian penawaran dan permintaan, semoga bermanfaat. Penjelasan lebih lanjut mengenai kurva permintaan dan penawaran silakan baca DI SINI.


Tetap semangat belajar ekonomi dengan menyenangkan bersama aspropendo.org.

No comments for "Pengertian Penawaran dan Permintaan"